Cara Mengatasi Rayap di Rumah

Rate this post

Dirumah anda banyak Rayap? Banyak barang yang terkena Rayap atau ada tempat yang banyak termakan oleh sekumpulan Rayap? yuk simak beberapa Cara Mengatasi Rayap di Rumah agar rumah bersih dan terhindar dari Rayap.  – Garda Pest Control


Jasa Pembasmi Rayap di Rumah
Perlu Jasa Pembasmi Rayap di Rumah yang Profesional ? Hubungi ADMIN GARDA: 085747890221 (Aktif 24 Jam)

Rayap atau anai-anai adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi.

Rayap merupakan salah satu masalah yang kerap dijumpai pada rumah-rumah atau furnitur berbahan kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap juga membuat material rumah dan perabot berbahan kayu jadi tidak tahan lama.


Cara Menghindari Rayap di Rumah

Baca juga : Jasa Pembasmi Rayap di Rumah

Sebenarnya ada banyak cara membasmi rayap, namun sebaiknya tidak mengandalkan obat-obatan kimia sebagai cara membasmi rayap karena risiko kesehatan yang ditimbulkannya. Sebaliknya, cara membasmi rayap secara alami dipandang lebih aman. Buat kamu yang bertempat tinggal di rumah kayu atau punya banyak perabot kayu.

Jika Anda menginginkan rumah terbebas dari serangan rayap, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.  Buat kamu yang bertempat tinggal di rumah kayu atau punya banyak perabot kayu, yuk kita intip beberapa cara membasmi rayap secara alami berikut ini!


Layanan Cepat Berkualitas
Dikendalikan dengan Teknisi Bersetifikat
Garansi 3 - 4 Tahun Dengan Dilengkapi Monitoring Tiap Bulan

1. Membersihkan atau mencegah terjadi Genangan Air

Seperti halnya nyamuk, rayap berkembang biak di genangan air. Obat rayap membasmi rayap yang cukup ampuh adalah dengan mencegah adanya genangan air di sekitar rumah Anda. Bersihkan selokan, kolam, penampung air hujan dan lain-lain di rumah Anda, terutama saat musim penghujan agar tidak dijadikan tempat berkembang biak bagi rayap.

2.  Membersihkan Kayu dan Ranting di Sekitar Rumah

Rayap sangat menyukai tumpukan kayu yang tidak terpakai, apalagi jika kayu-kayu tersebut berada dalam kondisi lembab. Jika Anda melihat ranting berserakan di sekitar rumah, segera bersihkan atau singkirkan sebelum koloni rayap datang. Bersihkan juga secara berkala tumpukan kayu yang tidak dipakai agar rumah tidak rentan dimasuki rayap.

Jenis material kayu yang Anda gunakan untuk perabot juga mempengaruhi ketahanan terhadap rayap. Beberapa jenis material kayu sangat rentan ada juga tahan terhadap serangan rayap.

3. Memperbanyak Ventilasi di Rumah

Baca juga : Bagaimana cara mengusir tikus di rumah

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembap dan minim sinar matahari. Jika memiliki rumah dan banyak perabot berbahan kayu, maka cara membasmi rayap yang pertama adalah membangun ventilasi yang memadai sehingga sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu pun tidak akan mudah dimakan rayap.

4. Membersihkan Buku Secara Rutin

Jika Anda memiliki banyak koleksi buku di rumah, maka Anda harus lebih berhati-hati dengan serangan rayap. Rayap sangat menyukai buku karena kertas terbuat dari serat kayu. Bersihkan dan rapikan koleksi buku Anda secara rutin dan berkala agar tidak lembab dan terhindar dari serangan rayap.

5. Memperbaiki keramik atau pipa yang rusak

Cara membasmi rayap yang satu ini terlihat sepele. Namun, keramik yang rusak dapat menyebabkan uap air lebih mudah masuk ke dalam rumah. Akibatnya, kondisi rumah menjadi lembab. Belum lagi jika rumah kamu mengalami kebocoran pada pipa tertentu, maka kadar kelembapan di dalam rumah akan meningkat. Maka tidak heran jika rayap menjadi terpancing untuk masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, jangan meremehkan kerusakan kecil.

5. Menjemur Perabot

Baca Juga : Bagaimana cara mengusir kutu kasur di rumah 

Jika perabot berbahan kayu di rumah Anda sudah terlanjur terserang rayap, maka cara paling mudah membasmi binatang tersebut adalah dengan menjemur perabot. Keluarkan furnitur dari dalam rumah dan letakkan di bawah sinar matahari langsung. Rayap tidak suka dengan kondisi kering, panas, dan cahaya, maka mereka akan segera menjauh bahkan lama-kelamaan akan mati lemas.

6. Menutup retakan di setiap sisi rumah

Hal yang paling harus diperhatikan untuk kamu yang memiliki rumah adalah memeriksa secara berkala kondisi rumah. Kita tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara teliti. Retakan yang muncul tersebut dapat menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah sehingga kita kewalahan untuk mencari cara membasmi rayap ketika koloni rayap sudah terbentuk. Oleh karena itu, periksa sisi rumahmu dengan seksama.

7. Menghindari kontak dari dinding kayu ke tanah

Bagi kamu yang memiliki rumah dengan bangunan yang mengandung material kayu, selalu perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Cara ini berguna untuk membasmi rayap tanah yang biasanya masuk ke dalam bangunan dengan media kayu.

Ditambah lagi jika material kayu yang digunakan bukan kayu yang diolah dengan baik, maka material tersebut dapat dengan mudah mengumpulkan uap air. Kondisi ini sangat disukai oleh rayap. Rayap memiliki cukup bahan makanan dan suhu udara yang mendukung. Cara membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dengan kayu cukup efektif karena kamu menutup jalan rayap menuju ke rumahmu.

8. Mengusir Rayap hinga tuntas dengan Pest Control Profesional

Terakhir, Salah satu cara membasmi rayap dan menghindari Rayap sampai benar-benar tuntas dan bersih terjamin juga menggunakan bahan yang dapat dipercaya adalah menggunakan Jasa yang terpercaya dan profesional seperti yang ditawarkan oleh Garda Pest Control. Anda bisa menghubungi GARDA melalui Layanan :WhatsApp Kami - Garda Pest Control

Hubungi kami Sekarang Juga!!!

Garda Free Survey

Garda Pest Control Mempunyai Layanan FREE SURVEY Untuk Semua Hama
&
Anda Bisa Mendapatkan Diskon 10% Untuk Pemesanan Via Aplikasi
Logo Playstore - Garda Free 10%

Dapatkan Sekarang Juga !!